Tips Cara Menciptakan Suasana Kerja Efektif, part 1

Tim Kerja Efektif
Jika Anda seorang manager yang ingin sukses dan memenangkan setiap kompetisi dalam persaingan pasar, maka jadilah pimpinan yang baik. Artinya, tidak cukup hanya sekedar memimpin yang memberikan perintah dan tugas saja. Yang terpenting adalah menciptakan lingkungan yang mendorong terbentuknya tim kerja yang efektif.
Ada beberapa langkah yang perlu di lakukan untuk membina tim kerja agar efektif.
  • Langkah pertama: Tentukan dengan jelas apa yang menjadi misi dari usaha Anda.
Apa misi Bisnis Anda? Jika Anda beranggapan bahwa misi usaha Anda adalah hanya untuk menghimpun uang atau kekayaan saja, berarti Anda sudah keliru. Memang, setiap bisnis diharapkan bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang. Tetapi untuk memotivasi tim kerja, sebenarnya bukan uang semata-mata yang menjadi tujuan perusahaan Anda. Jika Anda berpikir begitu, bahwa hanya uang yang Anda cari, maka Anda tidak akan pernah berhasil membina teamwork yang efektif.



Beberapa pakar managemen terkemuka menyatakan bahwa misi dari setiap perusahaan harus berfokus untuk mencari dan membina pelanggan (konsumen).
"SUKSES USAHA LEBIH BANYAK DITENTUKAN OLEH KEBUTUHAN KONSUMEN YANG MERASA DIBERI KEPUASAN PADA SAAT MEREKA MEMBELI PRODUK ATAU MENGGUNAKAN JASA PERUSAHAAN TERSEBUT"
Maka berdasarkan pernyataan di atas, tugas Anda dalam membina tim kerja efektif adalah merumuskan dan merencanakan dengan jelas apa yang menjadi misi dan tujuan perusahaan Anda.
Untuk mendapatkan jawaban yang pasti dari pernyataan itu, maka Anda perlu mempertanyakan pada diri Anda sendiri seperti berikut ini:

# Siapakah konsumen dari perusahaan Anda?
# Kepuasan apa yang dapat Anda berikan kepada setiap konsumen saat berhubungan bisnis dengan perusahaan Anda?
# Bagaimanakah cara konsumen dapat menilai keberhasilan Anda dalam memuaskan kebutuhan mereka?

Bukankah pertanyaan di atas sangat sederhana? Tetapi ketika Anda mulai berpikir untuk menjawab pertanyaan itu, Anda baru menyadari bahwa pertanyaan itu lumayan sulit untuk di jawab. Para manager eksekutif dari beberapa perusahaan sukses pun harus berpikir keras untuk dapat menjawab pertanyaan itu. Menurut pengalaman, perusahaan-perusahaan yang sukses adalah yang bisa menjawab dengan tepat dari pertanyaan tersebut di atas.

Anda di sarankan untuk memulai menuliskan setiap jawaban yang pernah dan sempat terfikirkan. Kelak nanti, secara bertahap Anda akan mencoba untuk menyusun dan menyempurnakan rumusan misi tersebut sampai akhirnya akan membuat Anda merasa cukup puas.
Ketika Anda selesai menulis  jawaban pertama Anda, boleh Anda perlihatkan kepada teman atau mitra usaha Anda untuk mendapatkan respon berupa komentar masukan untuk Anda. Tapi yang lebih penting adalah mengkonfirmasikan jawaban-jawaban tersebut kepada konsumen bisnis Anda.
Anda bisa mulai mengajukan pertanyaan kepada mereka (konsumen) seperti ini:
"Bagaimana caranya agar kami bisa memuaskan dan melayani Anda lebih baik lagi?" atau "Apa yang Anda sukai / tidak sukai ketika berhubungan bisnis dengan kami?" Bisa jadi, Anda akan sangat terkejut dengan jawaban-jawaban yang Anda dapatkan dari mereka (konsumen).

Bersambung ke: - Cara Membuat Motto dan Etos Kerja Karyawan, part 2

Kumpulan Artikel Tips Bisnis | Trik Sukses Usaha | Download PDF E-Book Gratis Tips Bisnis | Management Keuangan | Cara Cepat Sukses Dagang | Bisnis Konvensional | Bisnis Terbaik 2021 | Entrepreneur | Modal Usaha | Kesempatan Usaha | Peluang Bisnis | Bagaimana Cara Membangun Perusahaan | Kredit Bank | Keuangan | Tabungan Masa Depan | Efisiensi Karyawan | Pimpinan Pegawai | Kaum Pedagang | Upah Kerja | Gaji Besar | Tunjangan Hari Tua | Pensiun Muda | Wirausaha | Wiraswasta | Persaingan Bisnis | Perdagangan Global | Exsport Import | Periklanan | AdWords | Google Ads | Crypto | Bitcoin BTC | Franchise | Manager | Pelanggan | Keuntungan | Kerugian | Untung Rugi Laba | Bangkrut | Waralaba | Spekulasi Saham Trading Forex | Kiat Bisnis